TRANSKRIP

EPISODE 16

Episode Enambelas

 

 Pemulihan dari Pandemi:

Amit Saberwal dari RedDoorz 

20 April 2021

ALAN 0:13
Selamat datang kembali di podcast Indo Tekno Musim Kedua, Episode 16. Saya Alan Hellawell, Pendiri Gizmo Advisors dan Venture Partner di Alpha JWC Ventures. Selamat datang semuanya. Sekarang kita menemukan beberapa cerita menarik tentang adanya inovasi dan pemulihan berkaitan dengan industri berbasis internet selama era pandemi yang bisa kita temukan di industri perhotelan. Saat segala aktivitas publik diperketat serta perjalanan bisnis dan rekreasi dihentikan hampir dalam semalam; maka hotel, maskapai penerbangan, dan gerai ritel offline pun dihadapkan pada penurunan bisnis yang tajam secara tiba-tiba. Tamu hari ini, Amit Saberwal, sebagai Founder dari RedDoorz, akan berbagi dengan kami cara apa yang harus diambil dirinya dan tim dalam membangun jaringan akomodasi terjangkau terbesar di Asia Tenggara ini. Amit, terima kasih banyak telah bergabung dengan kami hari ini.

AMIT SABERWAL 0:59
Hei, terima kasih, Alan. Terima kasih telah menerima saya.

ALAN 1:02
Terima kasih kembali. Sekarang Amit, keramahan jelas terlihat dari diri Anda. Bisakah Anda menceritakan kepada kami bagian dari latar belakang pribadi Anda yang membuat Anda mendirikan RedDoorz hampir enam tahun yang lalu?

AMIT SABERWAL 1:15
Saya seorang pengusaha hotel yang terlatih. Saya pergi ke sekolah hotel. Dan kemudian saya bekerja untuk hotel selama bertahun-tahun sebelum bergabung dengan MakeMyTrip (NASDAQ: MMYT.) Dan saya bergabung dengan MakeMyTrip untuk menjalankan bisnis hotel mereka. Dan apa yang terjadi adalah di masa-masa awal internet, orang-orang di MakeMyTrip berpikir bahwa "Hei. Sepertinya dia orang yang pintar. Karena dia seorang pengusaha hotel, mungkin dia bisa menjalankan bisnis hotel". Dan itu adalah perjalanan yang luar biasa selama sembilan tahun bersama MakeMyTrip, ketika saya menjalankan bisnis hotel mereka. Dan kemudian dengan MakeMyTrip, saya datang ke Singapura atau Asia Tenggara. Setelah dari sana, ketika saya memutuskan untuk menjelajah sendiri, saya sekarang dapat menggunakan keterpaparan saya terhadap teknologi dan pengalaman hotelier saya, dan mendirikan RedDoorz.

ALAN 1:56
Itu semua masuk akal. Sekarang ceritakan sedikit lebih banyak tentang pengalaman, jika Anda tidak keberatan, Amit. Anda telah berkecimpung di industri perhotelan dan perjalanan selama hampir 25 tahun. Dan bahkan startup Anda saat ini kira-kira berusia enam tahun. Sementara itu, sebagian besar ekosistem startup di sekitar lingkungan industri ini terdiri dari wirausahawan pemula. Aspek pembangunan perusahaan apa yang akan Anda anjurkan kepada generasi wirausahawan terbaru ini untuk paling difokuskan agar dapat mencapai tempat Anda saat ini?

AMIT SABERWAL 2:25
Saya pikir ada dua nasihat yang berbeda. Salah satunya adalah membangun budaya, yang ingin Anda miliki untuk jangka panjang sejak hari pertama. Sangat sulit, jika bukan tidak mungkin, untuk mengoreksi jalan di masa depan. Dan saya pikir yang kedua adalah mempekerjakan akuntan yang baik sejak hari pertama, karena Anda tahu, mencoba membersihkannya nanti adalah masalah besar. Jika Anda mendapatkan kedua hal ini, benar, setidaknya 50% pekerjaan selesai.

ALAN 2:48
Menarik. Jadi dalam benak saya, satu nasihat subjektif yang sangat kuat adalah tentang budaya sejak hari pertama. Dan kemudian bagian lain dari nasihat yang jauh lebih pragmatis dan hampir kuantitatif adalah memiliki seorang akuntan yang bagus. Sekarang Amit, bagaimana Anda menguraikan misi RedDoorz?

AMIT SABERWAL 3:05
Misi RedDoorz sekarang adalah membangun perusahaan perhotelan terbesar di Asia Tenggara, titik. Jadi kami telah menghapus "anggaran", "online", "zaman baru" dan hal-hal seperti itu. Visi kami saat ini adalah membangun perusahaan perhotelan terbesar di Asia Tenggara.

ALAN 3:20
Wow. Jadi saya tidak sabar untuk mendiskusikannya dengan Anda nanti di podcast. Jelas, kondisi telah bergeser sedemikian rupa sehingga ada peluang konsolidasi luar biasa yang harus Anda pikirkan. Jadi mari kita kembali ke hal itu. Tapi sebelum kita melakukannya, saya yakin pendengar kita akan senang mendengar anekdot yang bisa Anda bagikan sejak awal masuk ke pasar Indonesia.

AMIT SABERWAL 3:41
Indonesia pada tahun 2015 adalah Indonesia yang berbeda, dari segi startup dan perhotelan. Ketika kami pindah ke Indonesia, kami mencoba mencari tahu, kami memiliki konsep ini secara luas. Tapi bagaimana seharusnya kita menjalankannya? Dan ada banyak hal berbeda yang ingin kami lakukan. Sekarang hal pertama yang kami lakukan adalah kami mulai mencoba menyewakan apartemen, AirBnB besar. Dan kami berkata, "Hei, mungkin kita bisa melakukan sesuatu di ruang apartemen". Dan kami mulai dengan menyewakan apartemen tempat kami menginap, lalu menjualnya di Agoda dan Booking.com. Dan kami menemukan bahwa itu bekerja dengan sangat baik. Jadi kami kemudian pergi ke penyedia layanan yang memiliki cukup banyak apartemen, dan menyewa atau membuat perjanjian, di mana kami pergi dan memiliki sekitar 30 hingga 35 apartemen di gedung yang sama. Dan kami menemukan bahwa ini adalah bisnis yang hebat, bukan? Lama tinggal, mudah dijual, terletak di pusat kota, dan kami pikir kami hampir berhasil. Dan yang menarik, kami juga menyadari bahwa jika Anda memiliki satu atau dua apartemen di gedung apartemen yang besar, tidak apa-apa. Tetapi jika Anda memiliki 30, dan orang-orang datang berkata "Hei, di mana RedDoorz? Di mana RedDoorz? Check in di RedDoorz ..." Itu benar-benar sebuah hal yang baru. Dan tiga atau empat bulan setelah operasi kami, kami pikir kami telah berhasil sepenuhnya. Kami memiliki kesesuaian pasar produk secara keseluruhan. Kami kemudian diusir. Manajemen datang dan menutup kami dan mengatakan kepada kami "Keluar besok, atau lainnya". Jadi itu adalah kemunduran besar. Dan kemudian kami juga mengalami beberapa kemunduran di sisi distribusi. Apa yang terjadi adalah empat atau lima bulan kerja menjadi sia-sia dalam satu hari. Dan itu cukup menarik bagi kami. Faktanya, kami sebenarnya memulai dengan bekerja di sebuah kedai kopi. Dan internet kedai kopi akan berakhir setiap 45 menit. Kami harus pergi dan memasukkan kata sandi lagi ... pergi dan memasukkan kata sandi lagi. Kami sedang mencoba melakukan bootstrap. Tetapi setelah menjalankan operasi bisnis, urusan kata sandi ini merepotkan dan suatu hari, kami benar-benar muak. Kami berkata, berapa pun biayanya, kami perlu mendapatkan kantor. Jadi begitulah cara kami mendapatkan kantor kami juga.

ALAN 5:40
Fantastis. Jadi saya kira yang setara dengan "garasi Silicon Valley" untuk Asia Tenggara adalah kedai kopi. Apakah itu salah satu hal yang bisa diambil?

AMIT SABERWAL 5:50
Tampaknya. Setidaknya itu yang terjadi dalam kasus kami.

ALAN 5:53
Bagus. Sekarang, Anda berbicara tentang beberapa tantangan dalam melokalkan produk di Indonesia dan menemukan produk yang sesuai dengan pasar. Berapa persen dari solusi yang dihadikan RedDoorz yang dapat diterapkan di seluruh pasar? Dan berapa persen menurut Anda kebutuhan penyesuaian lokal itu, baik saat Anda berada di Thailand atau pasar lain?

AMIT SABERWAL 6:16
Dari sisi teknologi, sekitar 85% bisa diterapkan di seluruh pasar. Satu-satunya pelokalan ada di sisi pembayaran dan di sisi pelokalan bahasa. Tetapi jika Anda benar-benar melihatnya dari perspektif bisnis, bisnis kami benar-benar unik. Anda benar-benar perlu memaku aspek bisnisnya dengan pergi dari negara ke negara. Ini bukanlah model yang cocok untuk hanya didiskusikan di ruang rapat dan yang menghabiskan banyak uang hanya untuk pemasaran dan untuk jadi mendunia. Jadi untuk memahami cara konsumen berperilaku, dan bahkan cara pemasok berperilaku, di setiap pasar yang unik membutuhkan sedikit usaha. Saya membayangkan bahwa sekitar 35% unik untuk setiap negara.

ALAN 6:56
Masuk akal. Sekarang, di tahun 2021, apa tantangan unik dari pasar hotel kecil Indonesia dibandingkan dengan pasar lain tempat RedZoorz beroperasi?

AMIT SABERWAL 7:06
Jadi saya pikir Anda tahu, dengan semua pasar terguncang di bawah tantangan COVID, Indonesia lebih baik karena ada jumlah perjalanan lokal yang lumayan. Dan ketika saya mengatakan "lokal", yang saya maksud adalah perjalanan domestik. Jadi lebih baik dari segi hunian atau finansial. Tapi sebaliknya, tantangannya sangat besar. Setiap pemilik hotel memiliki kisah manusia di belakangnya. Beberapa orang telah mengambil pinjaman untuk properti mereka. Beberapa orang pada umumnya merasa sulit untuk mengoperasikannya, dan lain sebagainya. Saya pikir bayangan situasi COVID ada di semua pasar. Dan tentunya Indonesia sudah merasakan dampaknya.

ALAN 7:42
Mengerti. Sekarang saya berasumsi bahwa proposisi nilai RedDoorz telah berkembang seiring waktu. Metrik tunggal apa hari ini yang akan Anda kutip sebagai bukti bahwa RedDoorz memberikan nilai yang sangat besar bagi pemilik hotel kecil yang Anda miliki? Apakah dalam hal penurunan tingkat kekosongan? Kenaikan tarif kamar? Apa KPI yang menjadi indikator paling kuat dari proposisi nilai kita?

AMIT SABERWAL 8:07
Saya pikir nomor satu adalah bahwa pemilik hotel menghasilkan lebih banyak uang. Manfaat sampingan lainnya juga sangat besar. Dan manfaat terbesarnya adalah kita tidak membuat mereka sakit kepala. Atau dalam kata lain mereka tidak perlu khawatir tentang okupansi, cara mempekerjakan/pengelolaan pendapatan ini, teknologi apa yang digunakan, dan lain sebagainya. Kami mengambil alih itu semua dari mereka.

ALAN 8:32
Mengerti. Sekarang sedikit berubah, apakah ada inisiatif pemerintah Indonesia yang sedang berlangsung saat ini yang menarik seputar perhotelan dan pariwisata?

AMIT SABERWAL 8:41
Saya pikir pemerintah Indonesia melakukan pekerjaan yang cukup baik dalam mencoba mendorong perjalanan domestik. Saya rasa pasca Ramadhan, akan ada sedikit dorongan untuk melakukan perjalanan. Dan ada inisiatif seputar perjalanan domestik, meskipun dengan cara yang terkontrol, dari pemerintah. Dari pihak kami, di masa-masa awal pandemi, kami meluncurkan "HygienePass", yang merupakan program sertifikasi kebersihan untuk hotel-hotel kami. Kami meluncurkan Health Protocol untuk properti kami, sehingga pelanggan kami merasa lebih aman dan terjamin. Kami meluncurkan saluran bantuan untuk staf kami dan staf pemilik hotel kami. Begitu banyak inisiatif di masa-masa awal. Beberapa dari mereka telah mengerucut karena tidak begitu terlihat relevansinya. Tapi kemudian beberapa dari mereka lanjut.

ALAN 9:21
Serangkaian inisiatif sangat berguna yang sedang Anda bicarakan sekarang. Saya ingin bertanya langsung kepada Anda: bagaimana pengaruh 2020 dan 2021 di Indonesia terhadap bisnis RedDoorz terkait dengan pandemi?

AMIT SABERWAL 9:33
Ya, kami benar-benar tumbuh sebagai perusahaan dalam waktu cukup cepat. Kami tidak punya pilihan. Entah bertahan atau binasa. Jadi kami berada dalam mode bertahan hidup. Saya pikir kami telah melakukan pekerjaan yang cukup baik, meskipun boleh saya katakan, dalam menangani pandemi itu. Dan sekarang kami sedang mencari pemulihan yang akan terjadi. Di sisi makro, yang terjadi adalah pemilik properti membutuhkan layanan seperti kami, bahkan lebih dari waktu apapun di masa lalu. Karena ketika keuntungannya turun dan segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik, orang seperti kita dapat melakukan pekerjaan yang lebih baik. Ini adalah fakta; hotel kami memiliki tingkat hunian 10 persen poin di atas rata-rata tingkat hunian di pasar kami. Jadi, dari sudut pandang pemilik properti, mereka bisa menjadi jauh lebih terbuka terhadap gagasan bahwa mereka dapat menjadi bagian waralaba kami, atau dapat bekerja sama dengan kami dan menggunakan teknologi kami. Tetapi dari sudut pandang perusahaan kami sendiri, itu akan menambah pengalaman pertumbuhan yang sangat besar. Kami belajar dengan cepat. Kami menerapkan dengan cepat. Dan saya dapat mengatakan bahwa dengan tingkat keyakinan tertentu bahwa kita telah menghindari masalah yang akan terjadi, setidaknya dalam hal eksistensi brand.

ALAN 10:34
Senang mendengarnya. Dan saya harus mengatakan, saya memang mendengar bahwa Anda merespon dengan sangat tepat waktu dan tegas dari awal tahun 2020 ketika pandemi mulai menyebar. Apakah Anda merasa RedDoorz memiliki ukuran yang cukup tepat setelah COVID hari ini?

AMIT SABERWAL 10:49
Ya, menurut saya "ukuran yang tepat" adalah kata yang tepat. Karena pada hari-hari awal pandemi, ada tekanan besar yang datang dari berbagai media berita, investor, pemodal ventura terkemuka - belum tentu dari kita. Ada surat ini yang datang dari Sequoia, meminta para pendiri mereka melakukan berbagai hal seputar pemotongan dalam, pemotongan keras, dan seterusnya dan seterusnya. Dan saat orang-orang panik, kami tetap tenang. Kami mengukur perusahaan kami dengan tepat. Kami melakukan inisiatif seputar pemotongan gaji, dll, dan semua hal yang tidak menyenangkan itu. Tapi kami tidak memotong terlalu dalam. Kami tidak menerima nasihat mereka, secara harfiah. Karena setiap pendiri tahu betapa sulitnya membangun bisnis. Setiap konsultan, "penghitung kacang" bisa datang dengan Excel dan cu. Tetapi membangun adalah bagian yang sulit. Jadi saya pikir kami memastikan bahwa tidak ada fungsi pertumbuhan kami yang terpengaruh, tidak ada produk dan fungsi teknologi kami yang terpengaruh. Namun di luar itu, kami melakukan banyak penyesuaian dalam bisnis.

ALAN 11:48
Dimengerti. Sekarang, kembali ke awal podcast ini, Anda mengungkapkan pernyataan misi yang cukup ambisius yang Anda sarankan, pada gilirannya, lebih ambisius daripada yang mungkin Anda mulai. Dan saya hanya bertanya-tanya: dislokasi kompetitif spesifik apa yang telah dikatalisasi COVID untuk RedDoorz?

AMIT SABERWAL 12:07
Kami merasa bahwa seluruh industri perhotelan mendapat peringatan. Cara industri hotel tradisional dikerjakan benar-benar berubah selamanya. Dan terutama dengan bagian terbesar dari pai keuntungan berada di kategori bintang sub-tiga atau bintang tiga-dan-setengah, tempat kami beroperasi. Jadi kami yakin bahwa peluang untuk menciptakan perusahaan multi-miliar dolar di bidang ini di Asia Tenggara benar-benar matang. Dan jelas, akan ada banyak perjalanan pasca-pandemi, dan banyak pertumbuhan ekonomi pasca-pandemi. Karena itu, ada peluang. Dari sudut pandang perusahaan, saya pikir kami adalah salah satu dari sedikit orang yang benar-benar selamat. Dan kami juga telah melakukan pekerjaan yang baik dalam memastikan bahwa mitra hotel kami merasa nyaman bekerja dengan kami dan karyawan kami senang bekerja dengan kami. Dan kami berhasil membangun bisnis dengan margin yang cukup untuk membawa kami ke level selanjutnya. Jadi dari perspektif pembelajaran dan dari perspektif orang-orang terakhir, RedDoorz sudah siap. Setelah level makro meningkat, saya pikir kami pasti dapat mencapai tujuan kami untuk menjadi perusahaan perhotelan terbesar di Asia Tenggara.

ALAN 13:13
Yah, saya dapat mengatakan keluarga saya benar-benar siap untuk melakukan beberapa "perjalanan balas dendam" yang serius. Jadi, mungkin Anda dapat mengandalkan kami sebagai pelanggan yang baik di masa mendatang. Sekarang Amit, mungkin melanjutkan topik konsolidasi. Apakah Anda melihat pasar jangka pendek menawarkan peluang M&A yang menarik?

AMIT SABERWAL 13:30
Ya, ada banyak peluang M&A. Kami mulai melihat beberapa pemain, karena hadapi saja: pandemi telah menghantam banyak perusahaan. Dan karena itu ada banyak peluang, tetapi banyak peluang M&A kecil. Itu berarti akan ada cukup banyak pekerjaan yang diperlukan untuk benar-benar mengkonsolidasikan M&A tersebut, dan membawanya bersama di bawah naungan perusahaan yang lebih besar. Tapi saya pikir peluang pasti ada.

ALAN 13:56
Luar biasa. Amit, bagaimana kita bekerja dengan pelaku bisnis perhotelan kecil itu di bulan April 2021, dibandingkan dengan, misalnya, setahun yang lalu?

AMIT SABERWAL 14:05
Pada Maret 2020, sebelum COVID, situasinya adalah semua orang dalam mode pertumbuhan, termasuk kami. Jadi sebenarnya kami akan memiliki pengaturan ekonomi yang berbeda dengan pemilik properti. Dan yang sebenarnya dimaksud adalah bahwa kami harus mencapai ambang tertentu sebelum mengambil margin. Itu hanya sifat kompetitif dari persaingan kita dan seterusnya. Tentu saja, selama periode COVID ini, banyak kewarasan yang masuk. Tekanan persaingan telah berkurang secara signifikan, dan pengaturan ekonomi dengan pemilik properti kami sedemikian rupa sehingga kami mulai menghasilkan margin dari transaksi pertama itu sendiri. Ditambah ada biaya pendaftaran. Ditambah lagi ada banyak hal ekonomi lainnya, yang tidak ingin saya bahas sekarang. Artinya, ekonomi bisnis kita sekarang terlihat jauh lebih baik. Dan kami sebenarnya dapat menagih pemilik properti kami untuk nilai yang kami berikan kepada mereka. Dan dari sudut pandang konsumen, kami terus menawarkan nilai yang luar biasa. Jadi dari perspektif kesehatan perusahaan, atau perspektif unit, kami melakukan jauh lebih baik. Tentu saja, pemilik hotel bisa berbuat lebih banyak dengan hunian. Hunian rata-rata bisa berkisar antara 30% hingga 40% di beberapa pasar di Indonesia. Itu bukan situasi yang bagus. Namun demikian, kami telah mencoba tingkat terbaik kami untuk memastikan bahwa mereka memiliki banyak manfaat dalam hal hunian yang relatif lebih tinggi, dan beberapa inisiatif penghematan biaya, yang juga dapat dilakukan oleh pemilik properti kami.

ALAN 15:32
Dimengerti. Sekarang Amit, tidak berhenti di RedDoorz. Kalian telah meluncurkan merek lain. Bisakah kamu memberitahu kami tentang hal itu?

AMIT SABERWAL 15:38
Cara kami memandang keramahan per se: kami perlu memiliki solusi untuk setiap pemilik properti, atau setiap jenis pemilik properti. Jadi, RedDoorz adalah solusi yang tepat untuk pemilik properti bintang dua. Tapi siapa pun yang memiliki bintang dua setengah, sedikit lebih dingin, sedikit lebih baik, dan menjual lima $ 7 lebih banyak daripada RedDoorz; kami memiliki merek bernama SANS. Dan kemudian kami memiliki merek bernama Sunerra, yang diperuntukkan bagi pemilik properti bintang tiga setengah. Dan untuk pasar masa tinggal dalam periode yang panjang, kami memiliki KoolKost. Jadi RedDoorz punya strategi multi brand. Ini karena ide dasarnya adalah RedDoorz harus memiliki solusi untuk setiap jenis pemilik properti.

ALAN 16:16
Maklum, sangat menarik mendengar tentang diversifikasi pasar. Dengan nada optimisme yang sama, dapatkah Anda memberi tahu kami beberapa inisiatif RedDoorz yang paling menarik di masa depan?

AMIT SABERWAL 16:26
Setiap bagian dan setiap proses dalam perusahaan sebenarnya adalah hasil yang direkayasa ulang dan diotomatiskan. Idenya adalah kami ingin menjadi perusahaan yang lebih cerdas, menggunakan lebih banyak teknologi. Teknologi pra-COVID hanya digunakan di sisi pelanggan atau di sisi harga. Sekarang kami juga fokus pada sisi belakang, pada sisi penghematan biaya, tidak hanya untuk kami, tetapi bahkan untuk pemilik properti kami. Jadi banyak inisiatif yang sedang berjalan saat ini sedang dilakukan. Tapi saya pikir ke depannya, visinya (dan kami telah mengatasinya di masa lalu) adalah seputar otomatisasi, lebih sedikit interaksi dengan tamu di properti itu sendiri, dan check-in otomatis. Orang-orang check-in dengan kode QR. Ini secara otomatis mengaktifkan WiFi mereka. Ini secara otomatis memberi kita sinyal bahwa orang tersebut ada di dalam ruangan, dan seterusnya dan seterusnya. Dengan banyak inisiatif seperti itu, kami telah mengambil langkah kecil, dan dikerjakan dengan kecepatan yang lebih lambat. Saya pikir kebutuhan saat ini adalah untuk mengotomatiskan, menghemat uang untuk diri kita sendiri dan untuk pemilik properti kita. Hal lain yang kami kerjakan dengan sangat keras adalah terus meningkatkan mesin penetapan harga kami, karena banyak logika yang kami gunakan di hari-hari sebelum COVID telah hilang. Jadi kami hampir harus melatih kembali AI kami untuk menentukan harga properti berdasarkan skenario saat ini.

ALAN 17:46
Sekarang Amit, Anda telah merujuk ke beberapa kali di mana Anda telah memutar atau setidaknya meningkatkan model bisnis. Bagaimana Anda menemukan tanggapan pemilik properti setiap kali Anda melakukannya?

AMIT SABERWAL 17:57
Pemilik properti menanggapi dengan sangat baik. Faktanya, kami sangat bangga dengan fakta bahwa kami telah membangun hubungan jangka panjang dengan pemilik properti kami, bahkan di hari-hari sebelum COVID. RedDoorz memiliki reputasi adil, jujur, responsif, dan transparan dalam semua transaksi kami, tidak seperti beberapa orang lain di industri itu sendiri. Jadi, kami memiliki banyak niat baik. Jadi, ketika situasinya menjadi sangat buruk, dan kami harus kembali ke pemilik properti untuk benar-benar menegosiasikan ulang atau meletakkan fakta di atas meja, mereka bisa sangat memahami. Dan mereka percaya bahwa kami adalah mitra mereka dengan mengutamakan kepentingan terbaik mereka. Dan mereka membuat pekerjaan kami jauh lebih mudah. Kami hanya mengalami sedikit gesekan. Hampir semua pemilik properti kami masih bekerja dengan kami. Dan kami sangat bangga dengan pencapaian itu.

ALAN 18:48
Izinkan saya menerapkan pertanyaan yang sama ke tim di RedDoorz. Dengan transisi ini, baik eksogen seperti pandemi maupun internal; Bagaimana pendapat Anda tentang mengelola orang selama periode transisi cepat ini?

AMIT SABERWAL 19:03
Salah satu kunci dari komentar awal saya tentang budaya adalah kita membangun budaya dari awal yang cukup transparan. Dan kami memiliki sekelompok orang cerdas yang bekerja dengan kami. Mereka semua adalah orang-orang yang berakal sehat. Pandemi ini terjadi pada semua orang di sekitar mereka. Jadi kami menjelaskan kepada mereka apa yang kami lakukan, alasan kami melakukannya, dan rencana kami untuk membalikkan langkah negatif di masa depan. Izinkan saya memberi Anda contoh: Ketika kami memutuskan untuk melakukan pemotongan gaji, kami menjelaskan kepada orang-orang kami bahwa jika kami mencapai target tertentu pada bulan-bulan ini, kami akan membalik pemotongan gaji tersebut. Dan kemudian tim benar-benar bangkit untuk kesempatan itu, benar-benar bekerja keras, mencapai target itu, dan kemudian kami membalik pemotongan gaji. Jadi, kami mencoba melakukan berbagai hal dengan cara yang sangat transparan. Dan itu sangat membantu. Dan kami juga menyadari sejak awal selama pandemi bahwa tidak semua orang bereaksi dengan cara yang sama terhadap pandemi. Beberapa orang sangat tersinggung. Dan tingkat kecemasan dan kesejahteraan mereka sendiri dan kesejahteraan orang yang mereka cintai adalah yang terpenting dalam pikiran mereka. Dan tingkat kecemasan mencapai puncaknya. Kemudian kami meminta konselor masuk. Kami meminta mereka untuk berbicara dengan orang-orang kami secara anonim. Kemudian kami memperluasnya ke kelompok orang yang lebih besar, bahkan di luar karyawan RedDoorz kami dan seterusnya. Itu adalah pendekatan kami sejauh ini, dan berhasil untuk kami.

ALAN 20:29
Senang mendengarnya, Amit. Dan sejujurnya luar biasa memiliki wirausahawan berpengalaman di acara itu. Anda juga telah membagikan beberapa inisiatif yang sangat menarik, Amit, dan senang akhirnya bisa mengundang Anda ke podcast Indo Tekno. Saya telah mendengar banyak anekdot seputar ketegasan strategis Anda, kehangatan antarpribadi Anda, dan banyak elemen lainnya. Dan saya harus mengatakan, sejauh yang saya tahu, semuanya tampak benar. Terima kasih sekali lagi telah bergabung dengan kami hari ini.

AMIT SABERWAL 20:54
Terima kasih banyak, Alan. Senang sekali bisa tampil di acara Anda. Saya berharap dapat bertemu dengan Anda dalam waktu dekat.

ALAN 21:00
Benar. Mari atur tanggal kita menikmati kopi bersama di lain waktu. Kami berharap pendengar kami juga menikmati episode hari ini. Seperti biasa, mohon pertimbangkan untuk berikan masukan apa pun yang Anda miliki tentang podcast Indo Tekno kepada kami. Terima kasih telah mendengarkan. Sampai jumpa lagi!

Ditranskripsikan oleh https://otter.ai